"Pohon" perumpaan paling cocok untuk hidup kita

“Pohon”

Ya itu adalah satu-satunya banyangan yg ada di dalam otakku malam ini.
Sebuah benda yg penuh dengan makna didalamnya. Memiliki berbagai macam arti positif dalam hidup. Pernahkah kita membayangkan kalau hidup kita ini ibarat pohon? Hampir seluruh hal-hal positif kita dapat diumpakan dengan mengaitkan pada pohon

1. Pilihan
Hidup ini selalu dihadapkan pada pilihan. Berbagai pilihan ditawarkan pada kita olehNya Sang Pencipta. Terkadang sering kali kita ragu untuk memilih karena kita takut apabila memilih pilihan yang salah.
Benar atau tidak benar..
Salah atau tidak salah…
Wahai kawan..
jangan terlalu takut dalam melangkah..
jangan takut akan duri-duri yang siap menjerat..

Kemarin adalah sejarah..
Esok adalah misteri..
Hari ini adalah..
Anugrah!
Wahai kawan, lihatlah pohon, begitu banyak akar yang ia miliki, begitu banyak pula dahan atau ranting yang ia miliki. Banyak sekali jalan yang dilalui air atau mineral dan nutrisi alam lainnya untuk mencapai ujung, menghasilkan buah yang manis! Yang ditunggu banyak orang untuk dimiliki.
Janganlah takut, Dia tidak akan memberikan pilihan yg melebihi batas kita untuk bertanggung jawab. Setiap sentuhan kita, apabila kita berani untuk menapat, siap untuk mencoba dan tegar dalam berdiri maka percayalah bahwa kita bisa menghasilkan hasil yang terbaik! Hasil yang semanis buah pohon!

2. Semangat pantang putus asa
Pohon selalu menggugurkan daunnya pada saat musim kemarau. Pohon pun merasakan sakit untuk menggugurkannya, tapi ia iklash karena itu adalah pengorbanannya untuk tetap hidup dan menghasilkan kehidupan yang lebih bagus di musim selanjutnya.
Wahai kawan, tidak peduli apapun cobaan yang menghadang, tidak gentar apapun masalah yang menimpa. Semua hal itu adalah tahap. Tahap yang harus kita lewati dalam game ini. Game kehidupan yang akan membuka stage baru yang lebih indah dan membahagiakan.
Lesson without pain is meaningles

3. Lebih dari sekedar sukses
Janganlah menjadi seperti keledai wahai kawanku. Keledai adalah sosok binatang yg selalu memikirkan untung dan rugi. Lihatlah pohon-pohon itu. Mereka selalu memberi. Mereka memberikan kita oksigen, makan, bahkan terkadang tempat untuk berteduh dikala hujan. Mereka tidak mengharapkan apapun, tapi alam membalas kebaikan mereka. Lebah membantu mereka menyebarkan benih baru, tanah memberikan mereka minuman, dan hewan-hewanpun menjaga mereka.
Janganlah pernah memikirkan sendiri, apabila kita memikirkan orang lain dan peduli pada mereka, maka mereka akan peduli pada kita.
“janganlah mengejar kesuksesan, tapi jadilah orang yang berhati besar karena dengan itu kesuksesan akan mengikuti kita dengan sendirinya.”

4. Selalu lurus terhadap satu tujuan
Tak peduli tanah seperti apa mereka berdiri, mereka selalu berdiri tegak menatap cahaya

Wahai kawanku meskipun hidup kita tidak pernah sesuai dengan apa yang kita harapkan, janganlah berputus asa sampai salah jalan. Jadikan diri kita seperti pohon tersebut, walau keadaan apapun selalu lurus menuju cahaya kebenaran.

Hidup kita adalah titipanNya yang harus kita jaga, kita lah yang menentukan pilihan dan kitalah yang akan mengakhirinya. Kita mulai dengan harapan yang indah dan kita akhiri dengan menwujudkannya menjadi hal yang nyata.
🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s