Aku mencari ILMU bukan NILAI

Cumlaude!
Mahasiswa mana sih yang tidak mau cumlaude? Memperoleh ipk 3,51 ke atas atau bahkan 4 kalo bisa. Memperoleh nilai sempurna untuk membuat hasil usaha 4tahun (rata-rata) di universitas yaitu ijazah menjadi lebih indah dipandang dan membanggakan.
Belajar-belajar-belajar!
Organisasi sih oke, tapi nlai harus lebih oke. Utamakan nilai A, ipk 4, prestasi oye! Memang sih daripada bermain membuang waktu lebih baik kita belajar. Agar orang tua kita bangga! Agar masa depan kita cerah! Dapat kerja yang enak! Oleh karena itu kita perlu nilai yang sempurna?
Benar begitu???
Kalo memang begitu berarti diriku berbeda jalan dengan kalian semua ((-^-^-))
Gw memang sih pingin punya nilai yang bagus, tapi gw ga mau jadi orang yang hanya mencari nilai bagus. Gw pingin jadi orang yang berkontribusi dan berilmu, bukan bernilai!
ILMU BERMANFAAT BUKAN NILAI BAGUS!

Jujur saja, gw ga pernah berfikir mau terpaku jadi apa gw kalo dah besar nanti, gw harus jd ini atau itu. Bagiku itu hanya patokan atau pegangan agar ga melenceng dlm mencari jalan, pokok’a saat ini gw mau mencari ilmu yang banyak dan teman yang banyak. Mencari ilmu tetap jalan, mencari kebahagian bersama teman-temanku tetap oye juga donk. Bukan berarti ini menghibur diri sendiri ya, tapi emg kenyataan kalo saat ini tidak sedikit mahasiswa yang lupa hakikat dari pendidikan itu sendiri. Mereka lebih terngiang dalam benak mereka akan NILAI, mereka lupa tentang ILMU.

Jujur saja disini gw di UNIVERSITAS ***** **** secara ga sengaja menemukan 1 dosen dimana dalam penilaian objektif beliau, beliau melihat apakah cara mereka sesuai dengan yang beliau gunakan. KECEWA! Itu yang langsung menusuk hatiku.

Ingatlah kita mahasiswa! Kita ada bukan untuk menurunkan ilmu yang ada sama persis, tapi untuk mengembangkannya agar kehidupan anak cucu kita bisa lebih dari kehidupan kita sekarang, bila sekarang kita bodoh, bodoh karena kita pengecut, jangan biarkan mereke jadi orang yang pengecut juga! Jangan biarkan mereka jadi orang yang takut untuk menciptakan hal baru! Ajari mereke untuk mencari ILMU bukan mencari NILAI!

Kalau kita senang karena kita mendapat nilai yang bagus jika dibandingkan teman kita yang nilainya dibawah kita, tapi ia memiliki kontribusi yang tinggi terhadap lingkungan dan dapat menerapkan ilmunya lebih banyak dan sering daripada kita maka kita termasuk orang yang BODOH! Kalo kita bernilai dan berilmu serta berkontribusi, ALHAMDULILLAH!

Oleh karena itu kawan, gw hanya mau mengingatkan aja, nilai itu penting tapi ilmu itu jauh lebih penting daripada semuanya!

Cantumkan di hati kita bahwa ILMU ITU BEDA DENGAN NILAI!

Ada kalimat bagus dari film yang pernah gw tonton : “Jangan mencari kesuksesan tapi carihalah kebesaran jiwa dan kesuksesan akan mengikutimu.”

Advertisements

3 thoughts on “Aku mencari ILMU bukan NILAI

  1. Mengumpulkan informasi dari baris"Jujur saja, gw ga pernah berfikir mau jadi apa gw kalo dah besar nanti."dan baris"emg kenyataan kalo saat ini tidak sedikit mahasiswa yang lupa hakikat dari pendidikan itu sendiri"serta posting tertanggal 28 Oktober 2010 yang berarti 'fresh from the oven' di mana seharusnya si penulis sedang berada (atau akan?) pada masa-masa UTS,bukankah memiliki kaitan yg erat?mahasiswa yg tidak memikirkan masa depan…mahasiswa yg melupakan hakikat dari pendidikan…tidak kah kita dengan mudahnya tanpa harus mencapai pada tulisan-tulisan selanjutnya sudah bisa mendapat kesimpulan? ^_^semoga adikku satu ini bisa lebih dewasa ke depannya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s